Waduh, dalam Setengah Abad Terakhir 68% Populasi Hewan Punah

Waduh, dalam Setengah Abad Terakhir 68% Populasi Hewan Punah

SEKITAR   68% dari mutlak hewan di bumi punah di dalam 50 tahun terakhir. Mamalia, rumor, amfibi, reptil, dan ikan menjelma yang paling terdampak.

Hal itu diungkapkan lembaga konservasi World Wide Fund for Nature (WWF) lewat WWF Living Planet Index yang baru sekadar dirilis lembaga tersebut pada September 2020. Studi itu mengkaji efek kehidupan dan aktivitas manusia dalam populasi dan spesies hewan.

Studi tersebut juga menyanggah pernyataan yang mengucapkan bahwa deforestasi menjadi penyebab pokok berkurangnta populasi hewan.

Pengurangan populasi hewan dinilai terjadi karena berbagai pekerjaan manusia. Deforestasi menjadi salah utama yang paling berperan. Namun, bervariasi aktivitas keseharian dan industri lainnya juga memiliki peran.

Seperti dikutip Dailyamail, General Director WWF, Marco Lambertini, mengutarakan bahwa penelitian tersebut menunjukkan sebuah hasil yang mengerikan. Jumlah suku hewan yang berkurang secara signifikan menjadi indikator kerusakan bumi secara masif. Hal itu nantinya serupa akan berbahaya bagi manusia.

“Rusaknya tempat dan habitat hewan karena ragam manusia juga semakin memperparah pengembangan kasus-kasus kesehatan global seperti pandemi covid-19, ” ujar Marco.

Marco mengucapkan WWF mendorong adanya aturan pada setiap negara untuk berhenti melaksanakan pemenuhan kebutuhan hidup manusia yang dapat memperluas deforestasi. Setiap karakter juga diharapkan mau untuk tiba beralih mengubah pola makan menjadi dominan produk tumbuhan, bukan hewan. (M-4)