PSSI Anggarkan Rp5 M untuk Tes Covid-19 Liga 1 dan Liga 2

PSSI Anggarkan Rp5 M untuk Tes Covid-19 Liga 1 dan Liga 2

PSSI telah menyiapkan dana sebesar Rp5 miliar untuk swab test atau tes usap para pemain dan segenap pihak pertandingan untuk kelancaran sayembara Liga 1 dan Liga 2 Indonesia.
 
“Kita siapkan anggaran untuk swab tersebut Rp5 miliar kurang lebih. Itu memang menjadi tanggung jawab federasi dan tentu kalau sudah reda ada sponsor kembali, ” sekapur Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam webinar di Jakarta, keadaan ini.

Iriawan mengatakan Satgas Percepatan penanganan COVID-19 juga akan membantu PSSI untuk swab test ini. Dengan begitu, federasi dan operator bon bisa menerapkan protokol kesehatan teliti sesuai dengan ketentuan sepak bola di tengah pandemi.
 
“Pak Doni Monardo (Ketua Satgas COVID-19) juga mengatakan mau membantu kami. Jadi meringankan ana juga, ” kata Iriawan.

Menurut dia, bergulirnya kembali kompetisi sepak bola Indonesia akan membuktikan kepada negeri bahwa olahraga di Indonesia bisa berdampingan dengan COVID-19.

Menurut nya masyarakat Nusantara tak bisa menunggu kapan pandemi berakhir sebelum vaksin ditemukan. Sebab karena itu, kata Iriawan, lupa satu caranya adalah hidup bergandengan dengan COVID-19 sembari menunggu vaksin dan ketat menerapkan protokol kesehatan tubuh.
 
“Lewat bergulirnya lagi kompetisi Liga 1 & Liga 2 kami ingin membuktikan ke dunia kalau Indonesia serupa sudah siap untuk hidup tangan dengan COVID-19 dan menerapkan sistem kehidupan baru atau new biasa, ” kata dia.

Dia menilai kelanjutan kompetisi bakal berpengaruh kepada geliat ekonomi yang berdasarkan kajian lengah satu universitas perputaran ekonomi pada satu musim mencapai Rp3 triliun.
 
“Menurut uraian Universitas Indonesia satu musim kompetisi berhenti Rp3 triliun kerugian dengan ada di masyarakat. Dan kalau satu musim kompetisi berhenti oleh karena itu satu generasi akan terputus, ” kata dia. (OL-4)