Kyrgyzstan Masuk Daftar Prioritas Penerima Vaksin dari Rusia

Kyrgyzstan Masuk Daftar Prioritas Penerima Vaksin dari Rusia

OTORITAS Rusia akan memprioritaskan pasokan vaksin covid-19 untuk Kyrgyzstan. Hal itu diungkapkan Wakil Perdana Menteri Rusia Alexey Overchuk.

Selama pertemuan dengan Pemimpin Kyrgyzstan Sooronbai Jeenbekov, kedua pihak bertukar pandangan tentang situasi pandemi covid-19. Berikut, prospek kerja sebanding bilateral dan multilateral Kirgistan-Rusia, yang mencakup kerangka Uni Ekonomi Eurasia.

Baca juga:   Rusia  Siap Vaksinasi  Covid-19  Massal Pada Oktober

Jeenbekov berterima kasih kepada otoritas Rusia yang mendukung pemulihan negaranya. Adapun dukungan Rusia berupa tumpuan kemanusiaan dan pinjaman lunak sejumlah US$100 juta dari Eurasian Fund, yang fokus terhadap usaha mungil dan menengah.

Lebih lanjut, Jeenbekov mendahulukan urgensi peningkatan kinerja perdagangan & hubungan ekonomi. Serta, mengambil tindakan bersama untuk mengatasi dampak pandemi.

Overchuk tiba di Kyrgyzstan untuk mengikuti dalam pertemuan rutin Komisi Antarpemerintah Kyrgyz-Rusia. Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan salam damai sejak Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menyuarakan juga:   Tidak Ingin  Dominasi,   Tiongkok  Siap Bagikan  Vaksin  Covid-19

Dia menekankan pemerintah Rusia mengapresiasi hubungan bilateral dengan Kyrgyzstan, yang bersifat strategis. Otoritas Rusia mencatat perkembangan dinamis dalam ikatan kedua negara di bidang perniagaan, ekonomi dan investasi antara.

Rusia serta Kyrgyzstan pun menyatakan kesiapan buat meningkatkan kerja sama bilateral. (Xinhua/OL-11)