Komnas HAM Minta Perhatikan Hak Grup Rentan di Pilkada

Komnas HAM Minta Perhatikan Hak Grup Rentan di Pilkada

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

KOMISI Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) mendorong agar pengoperasian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, tidak memgabaikan hak-hak kelompok istimewa dan rentan. Dengan begitu, mereka tetap bisa memberikan hak seleksi meskipun di tengah situasi pandemi virus Korona.

“Kelompok rentan harus tetap menjadi perhatian dan mendapatkan fasilitasi serta perlindungan yang memadai, pertama kelompok rentan yang memiliki efek tinggi terpapar covid-19, ” perkataan Komisioner Komnas HAM Hariansyah, di Jakarta, Selasa (24/11).

Hariansyah menjelaskan, gerombolan khusus merupakan warga yang terkungkung (dalam tahanan/LP) atau mereka dengan kebebasannya dibatasi. Adapun kelompok rentan antara lain penyandang disabilitas, kelompok buruh migran, perempuan, orang berumur lanjut, orang sakit yang pantas dirawat baik di rumah maupun di rumah sakit, orang secara gangguan jiwa, masyarakat adat, & warga yang tinggal di tapal batas.

Dalam kaitan pilkada pada masa pandemi, imbuh Hariansyah, orang yang dimaksud kelompok rentan juga termasuk itu yang berusia 50 tahun ke atas serta mereka yang mempunyai penyakit penyerta. Kemudian, mereka yang telah terpapar covid-19 dan melakukan proses isolasi di rumah lara atau tempat-tempat yang dikhususkan buat itu maupun mereka yang mengabulkan isolasi mandiri.

“Negara harus memberikan cagaran dan perlakuan khusus bagi kaum rentan tercantum dalam penjelasan ijmal mengenai hak sipil dan politik, ” tegasnya. (P-2)